MOST VIEWED

10 Tips & Trick Membuat Blog Khusus Adsense

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman, tentang bagaimana cara membuat blog yang khusus untuk meraup dollar dari Google Adsense. Memang pendapatan saya masih bisa dibilang kecil dibandingkan para blogger berpengalaman yang bisa disebut Master Adsense. Semoga saja artikel saya ini bisa memberikan manfaat bagi para blogger yang "putus asa" dengan Google Adsense, entah karena banned ataupun jumlah pendapatan yang tak kunjung naik.

Tidak perlu diragukan lagi bahwa Google Adsense adalah raja di bidang PPC (Pay per click) dengan beragamnya isi iklan dan bisa menyesuaikan otomatis dengan konten sebuah blog. Banyak sekali para blogger sukses yang sudah membuktikan, bahwa adsense bisa mendatangkan penghasilan yang besar dan tanpa batas.

Perlu diketahui bahwa faktor utama dalam bisnis adsense adalah jumlah traffic visitor yang banyak, karena kemungkinan pengunjung untuk melakukan klik iklan sangat besar. Dan untuk mendatangkan visitor banyak tentu saja perlu SEO untuk SERP yang pondasi utamanya adalah konten yang berkualitas. Google sendiri lebih mementingkan kualitas konten daripada kuantitasnya.

Berikut ini poin-poin yang saya terapkan khusus untuk blog adsense saya :

1. Jangan Cepat Menyerah
Jangan menyerah dulu, karena mendatangkan visitor yang banyak tetaplah butuh proses dan semangat. Menulislah di blog sesuai bidang dan keterampilan anda, dan fokuslah untuk satu topik/tema blog daripada blog yang isinya berbagai macam topik yang campur aduk. Pengalaman saya, waktu 3 bulan adalah target untuk mendatangkan visitor, selama itu jangan bosan-bosan untuk menulis posting secara teratur dan berkala dengan konten yang orisinal.

2. Memilih Template Blog Yang Tepat
Sebenarnya sudah banyak template gratisan yang memang dirancang untuk blog yang menampilkan iklan adsense dan tentu saja bertujuan untuk meningkatkan earning dari Google Adsense. Jika anda ingin menaikkan pendapatan Adsense, lupakan segala tampilan dan design bagus yang tentu saja menggunakan banyak javascript yang semakin memperberat loading blog. Saya pun sudah membuat template gratis khusus adsense yang bisa dilihat disini.

3. Tampilkan Hanya Posting dan Iklan Adsense Saja
Blog yang ditujukan khusus untuk Adsense sebaiknya hanya menampilkan Posting / Konten dan iklan adsense saja, hilangkan link-link yang membawa pengunjung keluar dari blog anda. Hilangkan berbagai widget seperti label, arsip, dan lain-lain bahkan kalau perlu hilangkan juga kotak komentar atau tombol Share ke berbagai Social Bookmark. Ini bertujuan untuk "memaksa" pengunjung hanya melakukan klik iklan selain klik pada postingan.

4. Menyamarkan iklan
Aturlah tampilan iklan adsense anda sesuai template anda. Contohnya, gunakan style underline / garis bawah pada judul posting karena semua judul iklan adsense bergaris bawah. Pasanglah format ukuran iklan yang paling besar dan tata letak yang tepat, misalnya ukuran 728x90 dibawah header atau 160x600 di sidebar.

5. Bahasa Inggis Lebih Baik
Kalau anda bisa bahasa inggris jelas lebih baik, tapi sekarang ini iklan adsense juga bisa selalu tampil di blog berbahasa Indonesia yang caranya bisa anda baca disini. Pilihlah postingan yang mengandung kata kunci / keyword yang banyak dicari dan memiliki kompetitor yang masih sedikit. Anda juga bisa menggunakan keyword "dadakan" contohnya kata kunci tentang video porno ariel-lunamaya-cut tari beberapa bulan yang lalu. Jika konten anda unik dan orisinal maka pengunjung akan datang sendirinya.

6. Banyak Blog Pendukung
Buatlah banyak blog pendukung yang mengandung link menuju blog utama anda sebanyak-banyaknya, anda cukup menulis 5-10 artikel orisinal bukan copy paste pada masing-masing blog, dan tampilkan link menuju blog utama anda di tempat yang mudah dilihat pengunjung misalnya dibawah header. Lalu submit potingan blog anda diberbagai article directory dan berbagai social bookmark dan lakukan ping jika ada artikel baru pada blog anda.

7. High Paying Keyword
Menyaring iklan untuk tidak menampilkan iklan yang nilai kliknya kecil dan buatlah artikel dengan kata kunci yang mempunyai nilai klik yang besar (HPK/High Paying Keyword), silahkan masuk ke akun google adsense anda, disana sudah ada pengaturannya. Dan anda juga bisa memantau mana blog yang mendatangkan klik paling tinggi dengan "channel" iklan adsense anda. Dan fokuslah untuk membesarkan blog tersebut.

8. Jaringan sesama Blogger
Anda butuh jaringan sesama blogger seluas-luasnya. Untuk meningkatkan pendapatan adsense anda perlu saling mengenal untuk saling berkunjung (blogwalking), dan biasanya jika artikel anda bagus, para blogger akan meng-klik iklan anda sebagai ucapan "terima kasih" anda juga bisa saling "tukar klik" tapi harus secara sembunyi-sembunyi karena itu melanggar TOS Google.

9. Datangkan Pengunjung Yang "Buta" Iklan
Targetkan blog anda pada pengunjung yang masih awam iklan adsense. Menurut pengalaman saya, jika blog anda dikunjungi orang yang masih buta iklan adsense jumlah kliknya pun semakin besar. Contoh saja, blog saya tentang template blogger jumlah kliknya kecil karena pengunjungnya adalah para blogger yang mayoritas sangat tahu bahwa iklan yang saya pasang adalah iklan yang tidak perlu diklik. Berbeda dengan blog berisi informasi lowongan kerja yang mayoritas pengunjungnya adalah para pencari kerja yang kurang paham dengan iklan diblog anda.

10. Tetaplah Fokus dan Kerja Keras
Kesuksesan tetaplah membutuhkan kerja keras secara terus menerus untuk mencapai dan mempertahankannya. Gunakanlah mood anda untuk menulis sebaik-baiknya. Jika anda lagi semangat menulis, menulislah banyak postingan dan publikasikan satu persatu secara berkala dengan posting terjadwal, sehingga blog anda terlihat selalu update, dan pengunjung blog anda akan kembali lagi.

Semoga bermanfaat, jika ada yang tidak pas dan kurang berkenan saya mohon maaf dan jika anda punya tambahan tips dan trik yang tentu saja selalu ada yang baru dan berbeda-beda pada masing orang anda bisa menambahkan disini untuk berbagi dan bermanfaat. Salam.

8 comments for 10 Tips & Trick Membuat Blog Khusus Adsense

  1. keren sob.... tumben saya denger ada istilah pengunjung buta iklan. tapi emank bener... sebaiknya sasaran clicker adalah orang2 diluar blogger biar makin tinggi kliknya.....

  2. mantap sekali tipsnya sobat.... tambah ilmu lagi soal adsense....makasih sobat :)

  3. makasih tipsnya bermanfaat sekali... ^_^

  4. sulit sekali untuk dpat klik dari visitor.... gmna caranya mendatangkan visitor "buta iklan" ?

  5. sip, keren nih. kadang kita terlalu berusahanya tiba2 pihak GA membanned akun GA kita, jd harus di perhatikan bener2 nih optimasi adsense nya :)

    saya seneng nomer 9 tuh, hehee...

  6. sedot ilmu ya gan
    >> http://healthytipsothers.blogspot.com/

  7. Betul bos, jangan menyerah. Selain perlu waktu untuk mendatangkan traffic juga perlu kesabaran karena approve di google adsense sangat selektif.

  8. Thanks tips n panduannya

Leave comment

ADVERTISEMENT

Recent Post

Blogger Theme